Dapatkan Tips Seputar Merawat Sikecil, mulai dari masih dalam kandungan, perkembangan bayi dari umur 1-6 bulan, atau tips-tips simple yang berguna lainnya ^_^

Senin, 25 Mei 2015

Cara Merawat Bayi 6 Bulan

Cara Perawatan Bayi Usia 6 Bulan -  Pada usia 6 bulan, bayi anda mungkin sudah mulai dapat berkomunikasi secara simple dan juga sudah dapat mengonsumsi makanan padat. Sama seperti usia-usia sebelumnya, di usia 6 bulan ini bayi memang sedang aktif-aktifnya. Adapaun berikut ini adalah perkembangan bayi umur 6 bulan :

Tips Untuk Merawat Bayi Usia 6 Bulan

Cara Merawat Bayi 6 Bulan

Cara Merawat Bayi 6 Bulan

Berat Badan dan Tinggi Badan Bayi 6 Bulan 

Berat badan bayi usia 6 bulanj normalnya sekitar dua kali lipat dari berat badannya ketika ia lahir. Di periode 6 bulan ini, pertumbugan tinggi badannya juga melambat menjadi sekitar satu sampai satu setengah cm per bulan.

Sejalan dengan waktu, bayi anda yang sudah menginjak usia 6 bulan mulai dapat duduk tanpa perlu ditopang. Namun untuk tahap-tahap awal, hendaknya anda membantu menopang badannya
Ia sekarang juga sudah dapat berguling telungkup dan telentang tanpa bantuan. Kadang bayi juga dapat menggerakkan badannya maju ataupun mundur dengan mendorong lantai saat ia sedang tengurap.

Setelah bayi sudah bereksplorasi dengan gerakan tangan, sekarang ia mungkin akan mulai terbiasa untuk menggunakan tangan atau kakinya, misalnya untuk memukul, menendang, memegang atau menggerakkan benda di sekitarnya. Secara lebih spesifik, bayi sudah mulai belajar memanfaatkan jari-jarinya satu persatu untuk mengambil atau memberi semacam isyarat. Anda perlu memberi perhatian khusus pada perkembangan kemampuan ini untuk beberapa bulan ke depan.

Saran : jangan pernah mencoba membandingkan perkembangan bayi anda dengan bayi lain yang seumuran. Masing-masing bayi berbeda satu dengan yang lainnya. Masing-masing dari memiliki minat yang berbeda-beda. Ada yang lebih tertarik mengembangkan kemampuan motorik kasar daripada kemampuan motorik halus. Perhatikan preferensi bayi anda, bantu ia mengeksplorasi kemampuannya dan berbanggalah dengan bayi anda sendiri.

Pola tidur Bayi 6 Bulan

Pola tidur bayi usia 6 bulan menjadi 6 hingga 8 jam sekali tidur untuk malam hari. Apabila bayi sudah mampu berguling, kemungkinan ia akan tidur telentang dan bisa bangun dalam posisi tengkurap. Meski, resiko SIDS berkurang pada bayi usia 6 bulan, usahakan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan SIDS.

Pola Makan Bayi 6 Bulan

Bayi usia 6 bulan sudah siap untuk mengonsumsi makanan padat. Namun, karena tidak semua bayi usia 6 bulan telah siap, mulailah dengan mendeteksi apakah bayi anda sudah siap emnerima makanan padat atau belum. Awali dengan memberi bubur susu atau buah-buahan bertekstur lunak yang mudah dicerna seperti pisang. Kemudian secara perlahan-lahan perkenalkan bayi anda dengan berbagai macam buah dan sayur. Satu per satu buah atau sayur dapat diberikan dalam selang waktu tiga atau empat hari sebelum mengenalkan makanan baru. Hal ini dilakukan supaya bayi tidak mengalami alergi, seperti ruam, mata gatal, muntah-muntah atau diare terhadap makanan padat yang telah diberikan.

Hal yang perlu dilakukan ketika kita mengetahui bahwa bayi tidak suka makanan baru adalah menunggu beberapa hari dan coba memberikannya kembali. Ingat bahwa selera makan bayi mudah berubah dan dapat berbeda dari hari ke hari.

Usahakan menghindari memberikan makanan yang dapat menimbulkan alergi seperti coklat, kacang tanah, putih telur, kerang, kedelai dan sebagainya. Jangan memberikan jenis-jenis madu karena madu hanya boleh dikonsumsi bayi yang telah menginjak usia 1 tahun.

Komunikasi Bayi 6 Bulan

Dalam hal kemampuan berkomunikasi, bayi usia 6 bulan umumnya sudah dapat berceloteh “mamamamama” atau “dadadadadada”. Anda dapat membantu perkembangan komunikasinya dengan menanggapi celotehannya atau membacakan buku cerita untuk bayi anda.

Bayi usia 6 bulan sudah mulai mengenali orang atau benda yang ada di sekitarnya. Secara otomatis ia akan merasa nyaman didekat benda atau orang yang sudah dikenalnya, dalam hal ini orang tua, kakek atau nenek serta mainan-mainannya. Bayi 6 bulan akan mulai takut terhadap orang atau jika berhadapan denagn situasi yang asing.

Tips Merawat Bayi 6 Bulan

• Coabalah bermain “Ci Luk Ba” untuk mengajarkan konsep bahwa benda-benda tetap ada meski tidak terlihat

• Selalu jauhkan mainan kecil yang dapat membuatnya tercekik dan temanilah ia bermain

• Jauhkan mainan dari anak anda tetapi tetap dalam pantauan anda untuk mendorong anak agar mau merangkak dan menjangkau mainan tersebut

Cara Merawat Bayi 6 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown